Rahasia Logo Rokok Gudang Garam

Logo merupakan salah satu komponen penting yang harus di miliki oleh setiap perusahaan. Hal ini dianggap dapat menjadi pemicu semangat sekaligus doa agar perusahaan yang didirikan bisa mencapai tujuan yang telah di tentukan. Pembuatan logo juga tidak boleh asal dan harus memiliki makna di baliknya.

Salah satu logo perusahaan yang paling terkenal adalah perusahaan Gudang Garam yang telah di dirikan sejak tahun 1958. Seperti yang kalian ketahui, Gudang Garam merupakan salah satu produsen rokok terbesar yang ada di Indonesia. Perusahaan ini di dirikan oleh Tjoa Ing Hwie atau Surya Wonowidjojo.

Sejak awal didirikan, perusahaan ini belum pernah mengganti logonya satu kalipun. Hal ini dikarenakan logo atau simbol yang ada pada bagian depan bungkus rokok Gudang Garam, mengandung makna filosofis yang sangat dalam. Nah, berikut ini adalah makna filosofis di balik logo perusahaan Gudang Garam.

Rahasia Logo Gudang Garam

1.5 Bangunan Rumah


5 bangunan rumah dapat di artikan dalam berbagai macam prespektif. Dalam pandangan Tionghoa, 5 bangunan rumah dapat di artikan sebagai 5 unsur kehidupan yaitu tanah, api, air, udara, dan kayu. Sedangkan dalam sudut pandang suku Jawa, 5 bangunan rumah dapat di hubungkan dalam filosofi yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa yaitu filsafahkakang kawah dan adi ari-ari, manusia dan keempat saudara gaibnya yaitu kakang kawah, adi ari-ari, getih atau darah, puser atau tali pusat dan manusia sebagai pancer atau pusatnya.

5 bangunan rumah juga dapat dilambangkan sebagai 5 Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia. Bila di lihat dalam prespektif Islam, 5 bangunan rumah juga dapat menyimbolkan 5 rukun Islam yang wajib diketahui.

2.Rel Kereta Api


Dalam logo Gudang Garam, terdapat sebuah gambar rel kereta api yang tidak memiliki ujung. Hal ini dapat di artikan sebagai perjalanan hidup manusia yang tidak pernah ada yang tahu kapan ujung atau akhirnya. Rel kereta api juga memiliki keterkaitan terhadap kedua hukum Tuhan atau hukum keseimbangan alam yang selalu terdiri dari 2 hal yang berlawanan seperti siang dan malam, baik dan buruk, perempuan dan laki - laki, dan masih banyak lagi.

Lambang ini menyiratkan bahwa dalam menjalani kehidupan, manusia harus tetap menjaga keseimbangan dalam menjalin hubungan. Baik hubungan vertikal maupun hubungan horizontal, baik hubungan kepada sesama manusia, maupun hubungan kita kepada Tuhan YME.

3.Dua Gunung


Dua gunung yang ada di bagian belakang, dapat di artikan sebagai orang tua yang terus mendukung dan mendoakan apapun yang anaknya sedang perjuangkan. Kedua gunung tersebut juga dapat di artikan sebagai bentuk kasih sayang seorang ibu yang telah menyapih anaknya selama lebih dari 2 tahun melalui payudaranya. ASI yang di berikan pada sang anak juga diartikan sebagai air kehidupan yang terus mengalir dari sang ibu kepada buah hatinya.

4.Rel Penghubung Rumah Dengan Gunung


Dalam logo yang terpampang dalam setiap bungkusan rokok Gudang Garam, terdapat sebuah rel penghubung antara 5 bangunan rumah dengan gunung kembar. Lambang ini dapat diartikan sebagai timbal balik yang harus di lakukan oleh manusia kepada orang yang telah berjasa dalam kehidupannya khususnya timbal balik anak kepada kedua orang tuanya. Dalam filsafat Cina yang selalu menjunjung tinggi orang tua dan leluhur, maka rel penghubung rumah dengan gunung di artikan sebagai hubungan timbal balik terhadap anak dengan kedua orang tuanya.

0 Response to "Rahasia Logo Rokok Gudang Garam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel