Pantangan Makanan Saat Diare

Pantangan Makanan Saat Diare - Diare merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan kondisi meningkatnya frekwensi buang air besar dan tinja yang dikeluarkan berbentuk encer. Umumnya, diare disebabkan karena kita tanpa sengaja mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi dengan virus, bakteri, dan parasite. Virus dan bakteri tersebut akan menginfeksi bagian usus dan menyebabkan kita terserang diare. Selain itu, diare juga dapat di sebabkan akibat dari intoleransi terhadap makanan tertentu, konsumsi obat – obatan, dan peradangan pada usus.

pantangan-makanan-saat-diare

Diare menjadi salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan siapa saja bisa terserang oleh penyakit diare. Baik orang dewasa, ataupun anak – anak. Bahkan bayi yang baru dilahirkan sekalipun dapat terserang diare. Selain itu, penyakit ini juga dapat bertahan di tubuh seseorang selama beberapa hari. Dan bila tidak segera di obati, diare dapat menyebabkan kematian karena dehidrasi.

Ketika sedang mengalami diare, pastinya kita tidak ingin penyakit ini semakin bertambah buruk. Oleh karena itu, ada baiknya bila kalian menghindari untuk mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman yang dapat memperburuk kondisi diare anda. Beberpa makanan dan minuman tersebut diantaranya :

 Alkohol dan kafein

Minuman yang mengandung alkohol dan kafein seperti kopi dan minuman berenergi, dapat membuat tinja anda menjadi encer. Ketika anda sedang mengalami diare, ada baiknya bila anda menghentikan terlebih dahulu kebiasaan meminum kopi di pagi atau malam hari hingga anda benar - benar sembuh.

Sayuran yang memiliki kandungan gas tinggi

Ketika sedang terserang diare, ada baiknya anda menghindari untuk mengkonsumsi sayuran dan buah - buahan. Hal ini dikarenakan beberapa jenis sayuran seperti kacang polong, brokoli, paprika, kembang kol, plum, buncis, jagung, dan kubis memiliki kandungan gas yang cukup tinggi yang dapat menyebabkan ikut meningkatnya kandungan gas di dalam usus. Beberapa jenis buah - buahans seperti ceri, nanas, anggur, dan buah ara juga perlu dihindari ketika sedang diare. Namun, bila anda tetap ingin mengkonsumsi sayur - sayuran, anda hanya dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis sayuean saja seperti, jamur, kacang hijau, wortel, zucchini, dan asparagus.

Makanan Pedas

Kita semua pastinya sudah tau bahwa dengan mengkonsumsi makanan pedas dapat memperburuk kondisi pencernaan kita khususnya saat sedang terserang diare. Rasa pedas baik pada sambal, saos, ataupun makanan lain umumnya di hasilkan dari cabai. Di dalam cabai, terdapat kandungan zat capsaicin yang menghasilkan sensai terbakar di dalam lidah. Zat capsaicin inilah yang dapat menyebabkan iritasi di dalam sistem pencernaan dan dapat memperburuk kondisi diare.

Minuman yang mengandung pemanis buatan

Minuman yang mengandung pemanis buatan umumnya memakai sorbitol sebagai penambah rasa manis. Kandungan sorbitol ini dapat menyebabkan perut kembung dan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, kita tidak disarankan untuk meminum minuman yang memiliki kandungan pemanis buatan ketika sedang terserang diare. Beberapa jenis makanan yang mengandung pemanis buatan seperti permen karet dan makanan manis juga sebaiknya di hindari ketika sedang mengalami diare.

Produk yang mengandung susu

Ketika sedang mengalami diare, usus tidak dapat memproduksi enzim laktase dengan baik. Enzim laktase merupakan enzim yang dibutuhkan untuk mencerna laktosa atau gula yang terkandung didalam susu. Oleh karena itu, anda tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan dan minuman yang memiliki kandungan susu di dalamnya. Namun, anda tetap boleh mengkonsumsi yoghurt. Hal ini dikarenakan yoghurt merupakan salah satu produk olahan susu yang memiliki kandungan probiotik di dalamnya. Kandungan probiotik yang ada di dalam yoghurt, dapat membantu meredakan gejala yang di timbulkan akibat diare.

0 Response to "Pantangan Makanan Saat Diare"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel