100% Aman!! Bongkar Teknik Reupload Video Youtube ala YtCrash


Teknik Reupload Youtube Aman - Hallo sobat pembaca, kalian kenal YtCrash kan? beberapa hari lalu, saya coba iseng menjelajah di salah satu grup facebook yang beranggotakan para youtuber-youtuber Indonesia. Dari sana saya mendapatkan satu hal menarik yang mungkin bisa kita ulas bersama di artikel kali ini. Berkaitan dengan fenomena para reuploader yang kian hari sepertinya semakin menjamur di youtube. Banyak diantara mereka yang mengeluhkan, kenapa video yang mereka reupload selalu terkena peringatan hak cipta. Sedangkan ada salah satu channel yang mereka anggap sebagai 'Raja' reupload masih aman-aman saja, jangankan terkena banned, cekal copyrightpun sepertinya tidak menyentuh channel itu sama sekali. Channel yang mereka maksud itu adalah YtCrash. Dari situlah mulai timbul perdebatan, sebenarnya bagaimana teknik reupload youtube ala YtCrash? Apakah benar dia mengupload ulang konten  video orang lain? Mari kita ulas bersama!

Apa YtCrash Reupload?

Sebenarnya tidak salah jika ada yang menyebutkan bahwa channel besar (yang entah milik siapa) tersebut menggunakan teknik reupload untuk membuat konten-konten videonya. Video-video yang diunggah oleh YtCrash memang sebagian terdiri dari beberapa konten video milik orang lain yang sebelumnya telah diupload oleh pemiliknya. 

Disini memang penulis akui, bahwa kreativitas yang dimiliki oleh tim editor YtCrash sangat tinggi. Mereka mampu menggabungkan banyak video menjadi satu sajian yang menarik. Mengacu pada kalimat dan kata yang terdapat pada artikel yang dibacakan oleh sang narator, tim editor mereka bahkan bisa mencari video mana yang tepat untuk menggambarkan suasana yang terjadi.
Meskipun YtCrash menggunakan teknik reupload video, namun kalian harus tahu bahwa teknik yang dilakukan oleh tim YtCrash itu adalah teknik yang bahkan legal menurut aturan-aturan Youtube. Bagaimana bisa reupload disebut legal? Santai dulu sob, lanjutkan bacanya! 

Mungkin beberapa diantara kalian ada yang belum mengetahui bahwa pada aturan Youtube sendiri ada yang namanya 'Batas Penggunaan Wajar' untuk konten yang berhak cipta. Apa yang dimaksud batas penggunaan wajar konten dengan hak cipta? Simak poin berikut ini.

Batas Penggunaan Wajar Youtube

Dalam memproduksi sebuah kontenvideo youtube sebenarnya kita diperbolehkan untuk menggunakan kembali satu materi konten yang dilindungi oleh hukum/hak cipta tanpa memerlukan izin dari si empunya video tersebut, selama masih dalam batas penggunaan yang wajar. 

Untuk menggambarkan apa itu batas penggunaan wajar, kita bisa melihat satu contoh video yang diberikan langsung oleh youtube melalui laman blognya. Kalian bisa membacanya DISINI. Lihat contoh video satu ini.



Video diatas adalah salah satu karya konten remix yang mana setiap scenenya diambil dari beberapa sumber video yang berbeda, lalu digabung menjadi satu. Jika kita perhatikan, peralihan videonya bahkan tidak sampai 10 detik/adegan. Video ini mengandung maksud dan pesan yang berbeda dari video aslinya. Sedangkan menurut aturan youtube sebuah karya video dengan satu makna baru yang berbeda dengan sumber konten/materi aslinya dianggap sebagai penggunaan yang wajar. Bahkan konten video seperti ini bisa mendapatkan perlindungan Copyrightnya sendiri.
Baca Juga : Tips Anti Copyright Youtube Metode Spying
Nah, dari sini kalian sudah mulai paham bukan? Begitupun juga dengan teknik yang digunakan oleh tim YtCrash dalam membuat karya-karya video mereka yang mampu menarik ratusan ribu hingga jutaan penonton di setiap video yang mereka upload.

Pengin bikin konten kayak YtCrash? Kenapa tidak! Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk dapat membuat konten video seperti milik channel YtCrash.

Teknik Bikin Video ala YtCrash

1. Siapkan Topik

Siapkan dulu materi yang akan kalian buat menjadi video. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Misal kalian ingin membuat video dengan judul '7 Cewek Super Cantik.....', tentu kalian harus mencari dulu 7 orang wanita cantik yang termasuk dalam daftar tersebut, lengkap dengan data-datanya.

2. Buat Naskah

Dalam hal ini naskah untuk narasi sangat penting untuk kalian siapkan. Naskah yang kalian buat tentunya harus sesuai dengan data serta informasi yang ada.

3. Rekam Audio

Setelah naskah jadi dibuat, langkah selanjutnya adalah merekam narasi kalian. Proses ini, perlu sedikit pengetahuan tentang teknik mixing suara vocal, dan pembawaan narasi yang baik.

4. Hunting Bahan

Langkah selanjutnya setelah kalian merekam narasi, carilah konten-konten video yang cocok untuk mewakili kalimat atau poin penting pada narasi video kalian. Contohnya, dalam naskah/narasi terdapat kalimat, 'minum kopi di pagi hari memang nikmat sekali!', nah berdasarkan kalimat tersebut carilah adegan dalam sebuah video yang pas untuk menggambarkan suasana yang diceritakan melalui naskah narasi tadi.

Bahan-bahan ini bisa berupa foto atau video. Tapi, saran saya gunakan konten berbentuk video saja, agar nantinya video buatan kalian tersebut terlihat lebih menarik. Bahan video sendiri bisa kalian cari dari berbagai situs, yang ada dalam youtube sendiri pun juga tidak maslah untuk diambil. Kalian juga bisa menggunakan video votage bebas hak cipta untuk mengisi adegan pada konten youtube kalian, salah satu situsnya adalah Videvo.net.

5. Perhatikan Durasi Video yang Diambil

Menurut pengalaman saya, bahan untuk reupload video yang 100% aman adalah yang diambil tak lebih dari 10 detik per satu sumber.

Nah, demikian artikel tentang Bongkar Teknik Reupload Youtube ala YtCrash di artikel kali ini. Saya harap dari kelima teknik yang telah kita ulas diatas, kalian sudah bisa membuat konten video seperti milik YtCrash, Daftar5 dan channel-channel besar lainnya. Terus kembangkan kreativitas kalian. Semangat dan jangan lupa ngopi!

2 Responses to "100% Aman!! Bongkar Teknik Reupload Video Youtube ala YtCrash"

  1. Wadaww... mantap !! ini dia yang gue cari !! terima kasih !!! sebelumnya saya ketakutan mas..kalau mau bikin video kaya ytcrash wkwk !! thanks

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel