Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan | KerjaNulis - Anda selama ini mungkin hanya mengenal bawang putih sebagai bumbu masakan. Namun tahukah anda ? lebih dari itu, bawang putih ternyata menyimpan berjuta khasiat penting untuk kesehatan. Simak ulasan kami mengenai khasiat bawah putih dibawah ini.

Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Selama ini kebanyakan orang mungkin hanya akan membutuhkan bawang putih ketika mereka akan mulai menyiapkan bumbu-bumbu masakan. Bersama bumbu masakan lainnya, bawang putih memang telah menjadi bahan bumbu wajib untuk menciptakan rasa masakan yang gurih dan enak.

Dalam bahasa latin, bawang putih dikenal dengan sebutan Allium sativum. Banyak tumbuh di Asia Tengah dan merupakan keluarga umbi-umbian yang menjadi bahan dasar bumbu masakan di Indonesia.

Lalu apa hubungan bawang putih dan kesehatan ?

Seperti yang telah kami tuliskan diatas, selain sebagai bahan wajib untuk membuat bumbu masakan, bawang putih adalah tanaman yang memiliki kandungan senyawa sulfur yang disebut dengan Allicin. Nah, Allicin ini sendiri, dipercaya dan telah terbukti sebagai zat yang sangat ampuh dan berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Beberapa isu kesehatan yang dikatakan erat kaitannya dengan zat Allicin ialah :

  • Dapat menurunkan berat badan
  • Mampu mengencerkan darah
  • Dapat mencegah hipertensi
  • Sebagai antioksidan
  • Sebagai zat anti kanker
  • Zat anti mikroba atau bakteri

Sedangkan mengenai khasiat bawang putih, selengkapnya dapat anda simak pada ulasan dibawah ini.

Khasiat bawang putih untuk kesehatan

1. Mencegah penyakit kanker

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bawang putih sangat berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh tim peneliti terhadap kandungan sulfida alil yang terdapat pada bawang putih, yang ternyata merupakan zat herbal anti kanker.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa kandungan PhIP yang merupakan salah satu bentuk dari amina heterosiklik, merupakan zat pemicu tumbuhnya kanker payudara pada perempuan. Nah hebatnya, PhIP ini ternyata dapat dihambat pertumbuhan dan perkembangannya oleh zat sulfida alil yang ada pada bawang putih.

Jadi, apabila anda ingin terhindar dari bahaya penyakit kanker, maka mulailah mengkonsumsi bawah putih secara tertur setiap hari.

2. Penurun terkanan darah tinggi yang sangat ampuh

Bersumber dari webMD, disebutkan bahwa bawang putih sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dengan hasil mencapai 7-8%. Bahkan, dituliskan pula bahwa bawang putih mampu untuk menurunkan tekanan darah pada orang normal. Ini merupakan hasil penelitian dan riset dengan menggunakan bubuk bawang putih tertentu.

3. Mengurangi kolesterol jahat (LDL)

Bawang putih juga terkenal dengan khasiatnya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang ada dalam tubuh. Berdasar pada beberapa hasil riset, jamu yang terbut dari olahan bawang putih bahkan dapat memangkas kadar LDL hingga 10-15%. Meskipun sangat ampuh dalam mengurangi LDL, efek dari mengkonsumsi bawang putih ternyata tidak berakibat apa-apa terhadap kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Jadi anda tidak perlu khawatir akan kekurangan HDL.

4. Mengobati penyakit gigi

Bagaimana pendapat anda dengan lirik lagu dari Meggi Z yang kalau gak salah berbunyi “Lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati” ? Kalau saya sih lebih baik jangan dua-duanya he he.

Oke lupakan mengenai lirik lagu diatas.

Sakit gigi disebabkan oleh adanya bakteri pada gigi anda. Nah karena mengandung zat anti virus dan bakteri, maka bawang putih juga tentu sangat berkhasiat untuk mengurangi bahkan mengobati rasa sakit pada gigi anda. Anti virus dan bakterinya akan membasi bakteri, dan kandungan analgetiknya akan mengatasi rasa sakit pada gigi.

5. Melancarkan metabolisme zat besi

Riset terbaru terhadap bawang putih menyebutkan bahwa tanaman ini juga dapat membantu dalam proses metabolisme zat besi. Dimana, ia akan berperan sebagai peningkat produksi protein yang dibutuhkan oleh zat besi dalam perjalanan keluar meninggalkan sel dan kembali ke dalam sirkulasi tubuh. Adapun mengenai protein yang dapat ditingkatkan produksinya oleh bawang putih tersebut, bernama ferroportin. Ferroportin inilah yang kemudian bertindak sebagai jembatan penyeberangan bagi zat besi.

Berdasarkan banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi bawang putih, maka sudah sewajarnya bagi anda untuk mulai belajar mengkonsumsinya. Memang bawang putih apabila dimakan langsung rasanya tentu kurang enak. Namun dengan latihan mengkonsumsinya setiap hari, maka lambat laun anda pasi terbiasa dan rasa kurang enaknya pun akan berubah jadi agak enak he he.

Semoga ulasan mengenai manfaat bawang putih bagi kesehatan ini bermanfaat untuk anda. jangan lupa untuk rutin mengunjungi situs ini untuk mendapatkan ragam khasiat terbaru lainnya.

0 Response to "Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel