Tips Jitu Anti Copyright Youtube Ampuh dengan Metode Spying 2017


Setelah sebelumnya saya membuat sebuah artikel membongkar rahasia channel youtube tahan banting atau anti suspend. Sesuai janji saya, kali ini kembali saya share satu tips jitu anti copyright youtube dengan metode spying atau memata-matai senjata dan rahasia dari channel kompetitor.


Kembali saya tampilkan satu contoh pesan chat dari teman facebook saya yang juga mengalami pelanggaran copyright, sebagaimana yang juga menimpa sebagian besar sobat pemain youtube.


Pada kasus tersebut, teman saya yang juga berprofesi sebagai seorang kameramen dan editor penyedia jasa video shooting, membuat sebuah channel youtube yang berisi konten hasil dari shootinganny sendiri dari berbagai event atau jobnya.

Namun, beberapa video live musik miliknya ternyata dianggap melakukan pelanggaran hak cipta oleh pihak youtube. Ia menerima notif melalui email, dan pemberitahuan bahwa video tersebut tak bisa dimonetisasi bahkan harus segera dihapus.


Nah, tentu kejadian tersebut juga kadang sobat alami, bukan ? atau bahkan malah sering kali terjadi ! Menurut pengalaman saya, video atau konten musik memang sangat rentan terkena copyright atau pelanggaran hak cipta. Apalagi jika kita mengupload ulang video berhak cipta tersebut. Hal tersebut dikarenakan para pemilik atau pemegang hak dari musik yang ada pada video kita memang telah mendaftarkan konten-konten musik mereka kepada layanan Content Id youtube. Atau merek juga bergabung dengan jaringan MCN yang memberikan perlindungan hak cipta terhadap konten yang telah mereka upload. Sehingga, ketika kita mengunggah video yang mempunyai video dengan kesamaan audio, video kita tersebut akan terkena penalti atau dianggap melanggar hak cipta.

Oke, saya tidak akan membahas tentang bagaimana sistem penilaian youtube tentang konten berhak cipta. Namun,  kali ini saya akan coba membahas tentang bagaimana cara agar video yang kita upload tidak dianggap melanggar hak cipta. Tips ini mungkin akan sangat berguna bagi sobat kreator yang akan membuat video baru dengan bahan yang mengambil dari video yang telah ada di youtube.

Tools yang diperlukan


  • Hearbeat

Salah satu ekstensi chrome produk dari Freedom! (Jaringan MCN), kita gunakan untuk melihat status monetisasi kompetitor. Kalian bisa mendownloadnya di Chrome Webstore atau klik DISINI

  • Vidiq

Sama halnya seperti Hearbeat. Fungsi vidiq extension adalah untuk melihat sistem monetisasi yang digunakan oleh channel kompetitor kita. Selain itu Vidiq juga bisa kalian gunakan untuk riset keyword youtube dengan data yang cukup lengkap dan akurat. Selain itu masih banyak lagi fitur-fitur vidiq yang berguna bagi kita, seperti halnya editor thumnail, dll. 

Download VidiqBasic di chrome webstore. Atau jika sobat ingin Ekstensi Vidiq Pro Version bisa kalian download disini >> http://grabfile.co/vidiqpro 


Setelah kedua tools diatas sudah kita sobat download dan pasang di browser Chrome masing-masing. Ikuti langkah-langkah teknik spying copyright youtube, berikut ini :


1. Cari Bahan Video 


Cari bahan video yang akan sobat gunakan untuk bahan membuat video baru, contoh jika kalian ingin membuat video berjudul "5 Danau Terdalam", pasti kalian membutuhkan video atau konten untuk melengkapi daftar 5 danau terdalam tersebut. Nah, cari satu persatu contoh danau yang termasuk dalam daftar kalian. Pilih video yang dari chnnel tanpa tanda centang.
Tanda centang adalah channel yang sudah terverifikasi dan memiliki konten id, video yang mereka upload dilindungi hak cipta dari youtube.


2. Lihat Pada Sistim Monetisasinya

Channel yang tergabung dalam jaringan MCN sebagian besar memiliki perlindungan hak cipta dari network tempat mereka daftar dan memonetisasi akun/channel youtube mereka. Kita bisa melihat dengan extensi vidiq dan heartbeat yang telah kita pasang di browser chrome.

Jika data yang tampil pada kedua ekstensi tersebut tidak memperlihatkan adanya kerjasama MCN pada video/channel tersebut, maka besar kemungkinan video itu tidak memiliki perlindungan hak cipta dari network pihak ketiga.

Angka 1 : adalah data dari heartbeat. pada tulisan monetized by "........" tercantum nama channel tersebut. Berarti menurut heartbeat channel tersebut tidak bergabung MCN.
Angka 2 : tampilan spying data dari vidiq, disana kita bisa melihat data dari video tersebut dengan cukup lengkap.
Angka 3 : keterangan dari Vidiq bahwa video tersebut tidak bekerjasama dengan jaringan pihak ketiga/MCN



Jika suatu video pada sebuah channel yang bergabung dengan MCN maka tampilannya akan seperti ini.




Teknik ini juga berguna untuk sobat yang akan membuat video cover lagu dan musisi terkenal atau kalian yang ingin mengupload video live musik. Agar terhindar dari copyright kalian bisa menggunakan teknik spying ini untuk mencari judul lagu/musik yang mungkin akan aman untuk di cover.


3. Menghapus MetaData Konten

Untuk ketiga dan keempat ini adalah tambahan dari kedua langkah diatas. Usahakan untuk menhapus metadata dari konten yang akan sobat jadikan bahan membuat video. Suatu contoh kalian  akan membuat video slide, maka sebelumnya edit terlebih dahulu foto/gambar yang akan kalian gunakan sebagai bahan video slide kalian. Sobat bisa mengedit dan mengubah metadata gambar dengan berbagai software editor seperti photoshop. Atau jika ingin praktis, kalian bisa menggunkan tools Fastones ini. DOWNLOAD DISINI
Baca tutorialnya disini


4. Memilih Backsoud dari Youtube Library

Yang terakhir adalah usahakan untuk tidak mencari backsound untuk video kalian selain dari audio library yang telah disediakan oleh youtube. untuk mengaksesnya sobat bisa klik di Creator Studio >> Create. Disana kita dapat mengambil sound effect dan free music yang telah tersedia untuk kebutuhan video kita.



Nah, itulah tadi sedikit share saya tentang tips anti copyright youtube ampuh dengan metode spying. Semoga artikel ini bermanfaat. :-)

0 Response to "Tips Jitu Anti Copyright Youtube Ampuh dengan Metode Spying 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel